Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Modul Ayo Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2

Di tengah pandemi covid-19 yang memaksa para murid sekolah diharuskan menjalankan kegiatan pembelajaran lewat media daring turut mendorong perkembangan media belajar yang lebih fleksibel. Berikut adalah Modul Ayo Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2. Modul Aki Bagi ini cocok bagi menemani belajar di rumah dengan panduan bapak atau ibu guru.

Modul Ayo Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2, Modul Aki Bagi bandung kelas 1 Tema 2, Modul Belajar dari rumah kelas 1 tema 2, modul pembelajaran jarak jauh kelas 1 tema 2

Modul Ayo Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku merupakan modul media pembelajaran lengkap mulai dari modul pelatihan, format pendampingan orang tua hingga penilaian. Modul ini disusun oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung yang dapat diaplikasikan untuk jenjang pendidikan Sekolah dasar atau madrasah.

Modul Aki Bagi Kelas 1 Tema 2 yang didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung memiliki format pdf yang dapat mudah dipahami dan ideal untuk pembelajaran jarak jauh sebagai pegangan guru dan siswa.

Muatan Kompetensi Dasar Modul Ayo Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku

PPKn 

  • 3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” 
  • 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
  • 3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah 
  • 3.4 Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah 
  • 4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Sila Pancasila 
  • 4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
  • 4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dlam keberagaman kehidupan individu di rumah 
  • 4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah 

Bahasa Indonesia 

  • 3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar 
  • 3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan 
  • 3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah 
  • 3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan 
  • 3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan. 
  • 3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan. 
  • 3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan. 
  • 3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah 
  • 3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa Daerah 
  • 3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah 
  • 3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan 
  • 4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar 
  • 4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar 
  • 4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah 
  • 4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis 
  • 4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah 
  • 4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana 
  • 4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar 
  • 4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis 
  • 4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis 
  • 4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga 
  • 4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri 

Matematika

  •  3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek 
  • 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya 
  • 3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkret 
  • 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan Pengurangan 
  • 3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/gerakan atau Lainnya 
  • 3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda Konkret 
  • 3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan 
  • 3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret 
  • 3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi Konkret 
  • 4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
  • 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat 
  • 4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret 
  • 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 
  • 4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya 
  • 4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
  • 4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan 
  • 4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret 
  • 4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu.

SBdP 

  • 3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
  • 3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu 
  • 3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari 
  • 3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya 
  • 4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
  • 4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu 
  • 4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari 
  • 4.4 Membuat karya dari bahan alam 

Bahasa Sunda

  • 3.1 Mengenal vokal dan konsonan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri (melalui menyebutkan anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri) 
  • 3.2 Mengenal kata pada teks sederhana tentang kegemaranku 
  • 3.3 Mengetahui dan memahami kata pada teks sederhana tentang kegatanku (di rumah, sekolah, dan tempat bermain) 
  • 3.4 Mengenal dan memahami teks sederhana (tentang keluargaku secara lisan dan tulisan melalui gambar, foto keluarga, dan atau silsilah keluarga) 
  • 4.1 Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan (cara menulis di udara, di buku, menjiplak dan menyambung huruf) tentang merawat diri sendiri. 
  • 4.2 Melafalkan dan menyalin kata tentang berbagai kegemaran. 
  • 4.3 Menyalin dan merangkaikan huruf menjadi sebuah kata yang terdiri dari dua suku kata tentang kegiatanku (di rumah, di sekolah, atau di lingkungan tempat bermain) 
  • 4.4 Mengucapkan kosa kata yang tepat dalam memperkenalkan keluarga berdasarkan foto keluarga/gambar. 

PLH

  • 3.1 Mengenal hidup bersih dan sehat di rumah dan sekolah 
  • 3.2 Mengenal jenis-jenis lingkungan biotik 
  • 3.3 Menyebutkan cara-cara berperilaku disiplin dalam memelihara tanaman 
  • 3.4 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam 
  • 4.1 Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat di rumah dan di sekolah 
  • 4.2 Mempraktikkan cara memelihara lingkungan biotik 
  • 4.3 Mempraktikkan memelihara tanaman lingkungan 
  • 4.4 Membiasakan cara-cara menghadapi bencana

Download Modul Belajar Dari Rumah Kelas 1 Tema 2

Modul AKI BAGI Bandung Tema 2 Lainya

Modul BDR Tasikmalaya Tema 3

Modul AKI BAGI Bandung Tema 1