Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia

Halo Bapak atau Ibu Guru yang terhormat, jika anda membutuhkan referensi Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia, anda dapat mengunduh file tersebut di halaman ini. Materi soal terdiri dari 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan essay yang disesuaikan dengan materi tematik kurikulum 2013 revisi 2020.

Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2, Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 3 tema 2 sub tema 2, Soal UH/PH kurikulum 2013 kelas 3 tema 2 sub tema manfaat hewan bagi kehidupan manusia

Soal ini dapat dipakai sebagai acuan penilaian harian atau ulangan harian Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia. Dalam laman ini juga terdapat kunci jawaban yang dapat dijadikan referensi penilaian. Anda dapat langsung memodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

File contoh soal UH Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia ini berupa file pdf, jika anda ingin mengubah ke format doc atau word anda dapat mengikuti panduan : Cara Mudah Convert PDF Ke Word Tanpa Aplikasi

Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia

Soal Pilihan Ganda

1. ... dapat terjadi karena tidak ada sikap saling menghargai.
  • a. kerukunan
  • b. pertengkaran
  • c. persatuan
  • d. kemanusiaan
2. Meskipun berbeda, kita harus saling ... hewan kesukaan.
  • a. menghargai
  • b. menjual
  • c. menyakiti
  • d. memberi
3. Karena berbeda ciri fisik, kita harus saling ....
  • a. menjauhi
  • b. menghargai
  • c. menghindari
  • d. mengganggu
4. Manusia memiliki ... yang membedakan satu sama lain.
  • a. buku-buku
  • b. ciri-ciri
  • c. paru-paru
  • d. jari-jari
5. Harimau merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah sebab ....
  • a. termasuk hewan jinak
  • b. termasuk hewan ternak
  • c. jumlahnya berkurang
  • d. jumlahnya bertambah banyak
6. Berikut ini yang merupakan hewan buas adalah ....
  • a. kuda dan singa
  • b. buaya dan ular
  • c. ayam dan kuda
  • d. kambing dan sapi
7. Perhatikan cuplikan cerita berikut!
Ani tidak pernah berbicara kasar terhadap siapapun. Bila bertemu dengan orang tua atau guru pasti menyapa. Ani disenangi oleh semua teman dan gurunya.
Sifat Ani pada cuplikan cerita tersebut adalah ....
  • a. sombong
  • b. sopan dan ramah
  • c. pandai dan rendah hati
  • d. suka mencari muka
8. Perhatikan teks dongeng berikut!
Hutan Praya adalah hutan kera. Di situ hiduplah ribuan kera. Seekor di antara ribuan kera itu dijuluki si Monki. Pada suatu hari si Monki mencuri pisang dari kebun Pak Tani. Karena rakusnya, dia tidak tahu kalau Pak Tani sudah berdiri di dekatnya ”Dasar Monki, bisanya hanya mencuri. Kalau mau makan pisang, tanam sendiri,” kata Pak Tani sambil memburunya.
Latar tempat dongeng tersebut adalah ....
  • a. di hutan Pak Tani
  • b. di hutan si Monki
  • c. di kebun Pak Tani
  • d. di hutan Praya
9. Perhatikan perkalian berikut!
325 × 9 = ... × 328
Berdasarkan sifat komutatif pada perkalian, bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah ....
  • a. 9
  • b. 18
  • c. 200
  • d. 328
10. Perhatikan perkalian berikut!
579 × 5 = 5 × ...
Berdasarkan sifat komutatif pada perkalian, bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah ....
  • a. 679
  • b. 579
  • c. 50
  • d. 5
11. Perhatikan perkalian berikut.
16 × 6 = 96
Perkalian yang bernilai sama dengan perkalian diatas berdasarkan sifat komutatif adalah ....
  • a. 24 × 4 = 96
  • b. 32 × 3 = 96
  • c. 8 × 12 = 96
  • d. 6 × 16 = 96
12. Perhatikan perkalian berikut!
  • a. 2
  • b. 20
  • c. 124
  • d. 412
13. Saat menolak pada gerak meloncat, kita menggunakan ...
  • a. satu kaki
  • b. kedua kaki
  • c. satu tangan
  • d. kedua tangan
14. Pendaratan pada gerak meloncat dilakukan menggunakan ...
  • a. satu kaki
  • b. satu tangan
  • c. kedua tangan
  • d. kedua kaki
15. Awalan gerak meloncat ditunjukkan oleh gambar ...
soal ilustrasi lompat katak

16. Pendaratan pada gerak loncat katak dilakukan menggunakan ...
  • a. kedua tangan
  • b. kedua kaki
  • c. satu tangan
  • d. satu kaki
17. Gerak tari dapat berasal dari gerak tiruan ....
  • a. hewan
  • b. gedung
  • c. batu
  • d. meja
18. Tarian berikut ditarikan dengan gerak cepat, kecuali ....
  • a. tari Saman
  • b. tari Kecak
  • c. tari Serimpi
  • d. tari Piring
19. Gerakan kucing berlari dapat ditirukan dengan gerakan ....
  • a. lambat
  • b. pelan
  • c. gemulai
  • d. cepat
20. Tubuh kita dapat melakukan gerak tari secara cepat dan ....
  • a. lambat
  • b. halus
  • c. keras
  • d. kencang

Soal Isian

1. Sifat anggota keluarga bisa ... atau ... satu sama lain.
2. Eko dan ayahnya memiliki hewan kesukaan berbeda. Meskipun berbeda, Eko tidak boleh ... hewan kesukaan ayah.
3. Hewan yang dapat menghalau tikus di rumah adalah ....
4. Unsur dongeng yang menjelaskan tentang waktu dan tempat adalah ....
5. Ale mempunyai 120 buah jeruk yang diletakkan dalam 10 piring. Setiap piring berisi 12 jeruk. Jika
setiap piring berisi 10 jeruk, piring yang dibutuhkan adalah sebanyak ... buah.
6. Ayah Dondo membeli 95 buah salak. Ia meletakkan buah salak kedalam 5 piring yang berbeda. Setiap piring berisi 19 salak. Jika ia mengisi setiap piring dengan 5 salak, banyak piring yang dibutuhkan adalah ... buah.
7. Pada gerak melompat dengan satu kaki ditekuk, posisi kedua tangan adalah ...
8. Saat melakukan gabungan gerak berjalan dan meloncat, arah pandangan kita adalah ...
9. Gerakan meniru pohon tertiup angin yaitu ... tangan ke kanan dan ke kiri.
10. Ale menirukan gerakan kucing mencakar-cakar menggunakan anggota tubuh yakni ....

Soal Essay/Uraian

1. Sebutkan lima sifat manusia yang kamu ketahui!
2. Sebutkan tiga contoh hewan yang dimanfaatkan tenaganya!
3. Isilah titik-titik berikut dengan bilangan-bilangan yang tepat berdasarkan sifat komutatif!
a. 7 × 18 = ... × ...
b. 124 × 2 = ... × ...
c. 5 × 1.230 = ... × ...
4. Sebutkan contoh variasi latihan gerak jalan dan melompat!
5. Ale melihat kucingnya mencakar-cakar batang pohon. Gerakan kucing itu sangat lucu. Ale ingin menirukan gerakan kucing itu. Jelaskan cara meniru gerakan kucing mencakar!


Soal UH Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 2