Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Halo Bapak atau Ibu Guru yang terhormat, jika anda membutuhkan referensi Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku, anda dapat mengunduh file tersebut di halaman ini. Materi soal terdiri dari 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan essay yang disesuaikan dengan materi tematik kurikulum 2013 revisi 2020.

Soal Ulangan Harian Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku, Soal Penilaian Harian kelas 4 tema 1 sub tema 1, Soal UH/PH kurikulum 2013 revisi 2020 kelas 4 tema 1 sub tema keragaman budaya bangsaku

Soal ini dapat dipakai sebagai acuan penilaian harian atau ulangan harian Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku. Dalam laman ini juga terdapat kunci jawaban yang dapat dijadikan referensi penilaian. Anda dapat langsung memodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

File contoh soal UH Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku ini berupa file pdf, jika anda ingin mengubah ke format doc atau word anda dapat mengikuti panduan : Cara Mudah Convert PDF Ke Word Tanpa Aplikasi


Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Soal Pilihan Ganda

1. Contoh cara membina persatuan dalam keragaman adalah ....
  • a. merayakan hari kemerdekaan bersama
  • b. mengunggulkan budaya suku sendiri dan merendahkan suku lain
  • c. membuat berita jelek tentang suku lain
  • d. tidak mau mempelajari budaya daerah lain
2. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan suatu ....
  • a. bencana
  • b. kekurangan
  • c. musibah
  • d. keistimewaan
3. Semboyan yang menggambarkan keragaman di Indonesia adalah ....
  • a. bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
  • b. duduk sama rendah, berdiri sama tinggi
  • c. berat sama dipikul, ringan sama dijinjing
  • d. Bhinneka Tunggal Ika
4. Dengan adanya keragaman, kita harus ....
  • a. bersyukur
  • b. bersedih
  • c. kecewa
  • d. marah
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Belajar kelompok merupakan salah satu cara belajar yang sangat bagus. Belajar kelompok efektif diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dan di rumah. Belajar kelompok memiliki banyak manfaat. Belajar kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi bagi siswa. Belajar kelompok juga menumbuhkan rasa sosial di antara siswa.
5. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ....
  • a. pertama
  • b. kedua
  • c. ketiga
  • d. terakhir
6. Dalam satu paragraf, kita bisa menemukan ... pikiran pokok.
  • a. satu
  • b. lebih dari satu
  • c. dua
  • d. lebih dari dua
7. Suatu paragraf dianggap memenuhi syarat kepaduan jika kalimat-kalimat di dalam paragraf tersebut saling ....
a. berkaitan
b. bertentangan
c. bersatu
d. berlawanan
8. Rangkaian kalimat yang saling terkait dalam sebuah paragraf akan memudahkan kita untuk  memahami ....
  • a. amanat paragraf
  • b. isi paragraf
  • c. latar peristiwa
  • d. judul paragraf
9. Kita dapat berbicara, menyanyi, dan berteriak. Kita dapat menghasilkan bunyi karena memiliki sumber bunyi berupa ....
  • a. tenggorokan
  • b. pita suara
  • c. jantung
  • d. paru-paru
10. Perambatan bunyi melalui benda cair bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti pada saat ....
  • a. kita berbicara
  • b. tim SAR mencari korban
  • c. menggunakan telepon
  • d. mendengar bunyi petir
11. Alat musik kecapi dimainkan dengan cara ....
  • a. dipukul
  • b. dipetik
  • c. ditiup
  • d. digoyangkan
12. Salah satu contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan bunyi adalah ....
soal pilihan ganda jenis alat musik pukul

13. Tarian daerah yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur adalah tari ....
  • a. Monong
  • b. Balean Dadas
  • c. Jepen
  • d. Gong
14. Tari Andun merupakan tarian daerah yang berasal dari Provinsi ....
  • a. Bengkulu
  • b. Lampung
  • c. Banten
  • d. Jawa Barat
15. Lumpia merupakan makanan khas dari Provinsi ....
  • a. Jawa Barat
  • b. Jawa Tengah
  • c. DI Yogyakarta
  • d. Jawa Timur
16. Tarian yang dilakukan secara berkelompok sambil bernyanyi dengan posisi duduk berlutut dan
berbanjar tanpa menggunakan alat musik pengiring berasal dari Provinsi ....
  • a. Aceh
  • b. Sumatera Barat
  • c. Lampung
  • d. Jawa Tengah
17. Perhatikan gambar berikut!
soal gambar gerakan tari Bungong Jeumpa

Gerakan pada hitungan 2 pada gerak dasar posisi duduk di atas adalah ....
gambar pilihan jawaban urutan gerakan tari Bungong Jeumpa

18. Gerak dalam tari yang menirukan kegiatan sehari-hari disebut gerak ....
  • a. murni
  • b. maknawi
  • c. sehari-hari
  • d. tiruan
19. Gerak murni disebut juga gerak ....
  • a. asli
  • b. palsu
  • c. tiruan
  • d. buatan
20. Perhatikan gambar berikut!
soal urutan gerakan tari

Lanjutan dari gerak dasar posisi berdiri sesuai gambar di atas adalah ....
gambar jawaban urutan gerakan tari


Soal Isian

1. Masyarakat Indonesia harus mengutamakan rasa persatuan dan ....
2. Biasanya, seluruh warga sekolah mengikuti kegiatan ... untuk menjaga kebugaran tubuh.
3. Kalimat dalam paragraf yang mewakili keseluruhan isi disebut ....
4. Perhatikan paragraf berikut!
Tarian daerah menceritakan keseharian masyarakat setempat. Biasanya, tarian daerah ditampilkan
pada upacara hari kelahiran, penyambutan tamu, pernikahan, dan hari besar keagamaan. Gerakan pada
tarian daerah memiliki makna yang beragam. Beberapa tarian daerah dapat digunakan sebagai simbol
penghormatan, penyampai pesan, dan hiburan.
Hubungan yang ditunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf tersebut adalah ....
5. Simpangan suatu getaran yang besar akan menghasilkan bunyi yang ....
6. Peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran dari benda lain disebut ....
7. Rumah Nuwou Sesat berasal dari Provinsi ....
8. Kita harus ... budaya daerah lain supaya persatuan antardaerah terjaga.
9. Tari Kecak adalah tarian daerah yang berasal dari Provinsi ....
10. Gerakan tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk terdiri dari ... gerak dasar.

Soal Essay/Uraian

1. Sebutkan tiga manfaat kegiatan kerja bakti di sekolah!
2. Sebutkan tiga ciri-ciri kalimat pokok dalam paragraf!
3. Bagaimana cara meja kayu dapat menghasilkan bunyi?
4. Apa yang dimaksud dengan suku?
5. Bagaimana cara mengenali gerak maknawi?


Soal UH Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1