Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Halo Bapak atau Ibu Guru yang terhormat, jika anda membutuhkan referensi Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan , anda dapat mengunduh file tersebut di halaman ini. Materi soal terdiri dari 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan essay yang disesuaikan dengan materi tematik kurikulum 2013 revisi 2020.

Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2, Soal Penilaian Harian tematik Kelas 6 tema persatuan dalam perbedaan sub tema 2, Soal UH PH kurikulum 2013 kelas 6 tema 2 sub tema bekerja sama mencapai tujuan

Soal ini dapat dipakai sebagai acuan penilaian harian atau ulangan harian Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan . Dalam laman ini juga terdapat kunci jawaban yang dapat dijadikan referensi penilaian. Anda dapat langsung memodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

File contoh soal UH Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan  ini berupa file pdf, jika anda ingin mengubah ke format doc atau word anda dapat mengikuti panduan : Cara Mudah Convert PDF Ke Word Tanpa Aplikasi

Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan 

Soal Pilihan Ganda

1. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan Indonesia adalah ....
  • a. memperkaya keragaman budaya Indonesia
  • b. mempercepat pembangunan di segala bidang
  • c. memperkuat bangsa untuk menguasai bangsa lain
  • d. meningkatkan bantuan dana dari negara lain
2. Selain taktik dan kerja sama, yang dibutuhkan para pejuang untuk memenangkan pertempuran di Ambarawa adalah ....
  • a. uang
  • b. persatuan
  • c. tujuan
  • d. kesempatan
3. ... kita teguh, bercerai kita runtuh.
  • a. bersama
  • b. bersatu
  • c. berdua
  • d. berjuang
4. Sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang dapat kita terapkan yaitu ....
  • a. Menghargai keragaman suku penduduk Indonesia.
  • b. Menghapus semua aturan yang berlaku di masyarakat.
  • c. Menghindari kegiatan kemasyarakatan di lingkungan.
  • d. Menolong tetangga yang terdekat dari rumah saja.
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya.
Perhatikan teks sejarah berikut!
Perjanjian Renville

Perjanjian Renville merupakan perjanjian antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini dilaksanakan di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville) saat berada di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Penjanjian Renville ditandatangani tanggal 17 Januari 1948. Pemimpin delegasi Indonesia adalah Amir Syarifuddin, sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.
Perundingan kedua negara telah dimulai tanggal 8 Desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara, yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Perjanjian Renville menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut.
  1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah
  2. Republik Indonesia.
  3. Disetujuinya sebuah garis pemisah antara wilayah Indonesia dan daerah kekuasaan Belanda.
  4. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantong di wilayah kekuasaan di Jawa Barat dan Jawa Timur.
5. Gagasan pokok paragraf pertama teks sejarah tersebut adalah ....
  • a. hasil kesepakatan perjanjian Renville
  • b. pembagian wilayah pada perjanjian Renville
  • c. pelaksanaan perjanjian Renville
  • d. negara yang tergabung Komisi Tiga Negara
6. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks sejarah tersebut adalah ....
  • a. Bagaimana hasil kesepakatan perjanjian Renville?
  • b. Kapan perjanjian Renville ditandatangani?
  • c. Apa yang melatarbelakangi perjanjian Renville?
  • d. Siapa pemimpin delegasi Indonesia pada perjanjian Renville?
7. Perhatikan teks sejarah berikut!
Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut adalah ....
  • a. perbedaan latar belakang para pahlawan kemerdekaan
  • b. tujuan para pahlawan kemerdekaan
  • c. kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan
  • d. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia
8. Ciri khusus yang dimiliki kelelawar adalah ....
  • a. sayap lebar dan penciuman tajam
  • b. sayap tipis dan pendengaran tajam
  • c. sayap tebal dan pengelihatan tajam
  • d. sayap pendek dan pengelihatan tajam
9. Pinguin memiliki sayap dan kaki yang berselaput untuk ....
  • a. berkembang biak
  • b. menghangatkan tubuh
  • c. berenang dan menyelam
  • d. melindungi diri dari musuh
10. Kemampuan cecak untuk memutuskan ekornya saat dikejar musuh disebut ....
  • a. mimikri
  • b. otonomi
  • c. autotomi
  • d. ekolokasi
11. Hewan yang melindungi diri dengan cara menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya adalah ....
  • a. citah
  • b. kecoa
  • c. kucing
  • d. bunglon
12. Berakhirnya pertempuran di Semarang melawan Jepang semakin dipercepat dengan kedatangan tentara ....
  • a. Australia
  • b. Belanda
  • c. Sekutu
  • d. Jepang
13. Tugas pokok Komisi Tiga Negara adalah ....
  • a. mewakili Dewan Keamanan PBB
  • b. mencegah terjadinya Agresi Militer Belanda I
  • c. mencegah terjadinya Agresi Militer Belanda II
  • d. membantu penyelesaian sengketa antara Indonesia dan Belanda
14. Salah satu kota yang menjadi sasaran utama pada Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948 adalah ....
  • a. Surabaya
  • b. Yogyakarta
  • c. Bukittinggi
  • d. Bandung
15. Belanda datang kembali dengan membonceng Inggris. Kedatangan Inggris yang ternyata juga diboncengi tentara sipil Belanda yang disebut ....
  • a. AFNEI
  • b. NICA
  • c. BKR
  • d. TNI
16. Gerakan tari Indang yaitu ....
  • a. lemah gemulai
  • b. lemah lembut
  • c. cepat dan monoton
  • d. rancak dan dinamis
17. Tarian berikut yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah ....
  • a. Tari Gambyong
  • b. Tari Beskalan
  • c. Tari Jaipong
  • d. Tari Tanduk Majeng
18. Gerak penari di panggung menyilang ke kiri atau ke kanan, akan membentuk pola lantai ....
  • a. horisontal
  • b. vertikal
  • c. lengkung
  • d. diagonal
19. Tari Indang ditarikan secara ....
  • a. perorangan
  • b. berpasangan
  • c. berkelompok
  • d. sendirian

Soal Isian

1. Persatuan dan kerja sama dibuthkan baik saat menyusun naskah drama maupun saat ....
2. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk
meningkatkan semangat ....
3. Struktur kalimat efektif disusun secara ....
4. Saat menuliskan kembali informasi pada teks, kita gunakan kalimat efektif yang disusun sesuai kaidah bahasa Indonesia dalam ....
5. Hewan yang tidurnya bergantung dengan badan terbalik adalah ....
6. Kemampuan menyesuaikan warna kulit dengan lingkungannya disebut ....
7. ... adalah ketua perwakilan pemerintah Indonesia dalam Perjanjian Linggarjati.
8. Agresi Militer Belanda I terjadi pada 21 Juli 1947sampai dengan ....
9. Tari Indang disebut juga dengan tari ....
10. Tari Yapong merupakan tarian dari daerah ....

Soal Essay/Uraian

1. Sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!
2. Perhatikan teks berikut!
Perundingan Linggajati diambil dari nama daerah tempat dilakukannya perundingan tersebut. Perundingan tersebut dilakukan di Linggajati, Kuningan, Jawa Barat. Perundingan Linggajati dilaksanakan tanggal 10 November 1946. Saat itu, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Mohammad Roem, Mr. Susanti Tirtoprojo, dan dr. A.K. Gani. Sementara itu, Belanda diwakili oleh Prof. Willem Scermerhorn, F. de Boer, H.J. van Mook, dan Max van Poll.
Tuliskan informasi dari teks berdasarkan kata tanya siapa!
3. Mengapa cecak tidak jatuh saat merayap di dinding?
4. Apakah yang dimaksud dengan Agresi Militer Belanda?
5. Made berlatih gerakan tari diiringi alunan musik. Sebutkan 3 contoh iringan musik dalam tari!


Soal UH Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 2