Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Halo Bapak atau Ibu Guru yang terhormat, jika anda membutuhkan referensi Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?, anda dapat mengunduh file tersebut di halaman ini. Materi soal terdiri dari 2 jenis yaitu soal pilihan ganda dan essay yang disesuaikan dengan materi tematik kurikulum 2013 revisi 2020.

Soal ulangan harian kelas 5 tema 3 sub tema 1, Soal penilaian harian tematik kelas 5 tema 3 sub tema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan, soal UH PH kurikulum 2013 kelas 5 tema makanan sehat sub tema 1

Soal ini dapat dipakai sebagai acuan penilaian harian atau ulangan harian Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?. Dalam laman ini juga terdapat kunci jawaban yang dapat dijadikan referensi penilaian. Anda dapat langsung memodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

File contoh soal UH Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? ini berupa file pdf, jika anda ingin mengubah ke format doc atau word anda dapat mengikuti panduan : Cara Mudah Convert PDF Ke Word Tanpa Aplikasi

Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?

Soal Pilihan Ganda

1. Sebatang lidi akan mudah dipatahkan, sedangkan segenggam lidi akan sulit dipatahkan.
Hal ini menunjukkan bahwa ... membuat kita kuat.
  • a. sebatang lidi
  • b. segenggam lidi
  • c. persatuan
  • d. keragaman
2. Berikut ini yang merupakan upacara kematian di Indonesia adalah ....
  • a. rambu solo
  • b. lompat batu
  • c. garebeg
  • d. bakar batu
3. Berikut ini perbedaan antara kecapi dan sasando yang tepat adalah ....
  • a. baik kecapi maupun sasando dimainkan dengan cara dipetik
  • b. kecapi terbuat dari bambu, sedangkan sasando terbuat dari kayu sentul
  • c. kecapi terbuat dari kayu sentul, sedangkan sasando terbuat dari bambu dan lontar
  • d. kecapi terbuat dari bambu dan daun lontar, sedangkan sasando terbuat dari kayu
4. Meskipun berbeda agama, distributor dan penjual di pasar tetap ....
  • a. bersaing
  • b. bekerja sama
  • c. berjauhan
  • d. bermusuhan
5. Kalimat yang mampu meyakinkan atau memengaruhi masyarakat pada sebuah iklan disebut kalimat ....
  • a. persuasif
  • b. aktif
  • c. pasif
  • d. ajakan
6. Perhatikan iklan berikut!
contoh poster media lowongan pekerjaan

Berdasarkan media yang digunakan, iklan tersebut termasuk jenis iklan ....
  • a. media elektronik
  • b. media cetak
  • c. lowongan pekerjaan
  • d. permintaan
7. Rencana yang akan dilakukan untuk membuat iklan yang berisi hal-hal penting yang terdapat pada iklan disebut ....
  • a. layout
  • b. rancangan iklan
  • c. storyboard
  • d. kata kunci
8. Tujuan dari iklan penawaran adalah ....
  • a. menawarkan suatu produk agar masyarakat membeli
  • b. memberikan informasi kepada masyarakat
  • c. memengaruhi masyarakat agar mau bekerja sama dengan pembuat iklan
  • d. mengajak masyarakat untuk mengikuti suatu program yang ditawarkan
9. Perhatikan gambar berikut!
Bagan sistem pencernaan manusia

Organ pencernaan yang didalamnya terdapat bakteri Eschericia coli ditunjukkan oleh nomor ....
  • a. 1
  • b. 2
  • c. 3
  • d. 4
10. Lambung menghasilkan beberapa cairan yang membantu proses pencernaan makanan. Salah satunya yaitu asam lambung yang berfungsi untuk ....
  • a. menyerap sari-sari makanan
  • b. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
  • c. melarutkan makanan yang keras
  • d. membantu proses pembusukan makanan
11. Organ pencernaan yang tidak berfungsi untuk mencerna makanan adalah ....
  • a. mulut
  • b. kerongkongan
  • c. lambung
  • d. usus halus
12. Gerakan mendorong makanan dari mulut menuju ke lambung disebut gerakan ....
  • a. peristaltik
  • b. parabolik
  • c. kimiawi
  • d. mekanis
13. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri interaksi sosial adalah ....
  • a. adanya tujuan yang akan dicapai
  • b. jumlah pelakunya lebih dari satu orang
  • c. adanya komunikasi antarpelaku
  • d. terjadi pada waktu lampau
14. Proses interaksi antara siswa dan guru terjadi di ....
  • a. pasar
  • b. sekolah
  • c. rumah
  • d. rumah sakit
15. Contoh interaksi yang dilakukan oleh petani dengan lingkungan alam adalah ....
  • a. bercakap-cakap dengan petani lain
  • b. membajak sawah dengan traktor
  • c. bercakap-cakap dengan pemilik traktor
  • d. bercakap-cakap dengan penjual pupuk
16. Manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain. Dalam pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa manusia adalah ....
  • a. makhluk hidup
  • b. makhluk sosial
  • c. makhluk primer
  • d. makhluk individu
17. Bernyanyi secara berkelompok harus ....
  • a. mandiri
  • b. tertib
  • c. kompak
  • d. peka
18. Botol bekas yang diisi kerikil bisa berfungsi sebagai alat musik ritmis sederhana.
Botol tersebut dimainkan dengan cara digoyang-goyang menyerupai alat musik ....
  • a. rebana
  • b. triangle
  • c. drum
  • d. marakas
19. Talempong adalah alat musik dari daerah ....
  • a. Bangka Belitung
  • b. Sumatera Barat
  • c. Sumatera Selatan
  • d. Jawa Tengah
20. Alat musik Sampek dari Kalimantan Timur dimainkan dengan cara ....
  • a. dipukul
  • b. dipetik
  • c. ditiup
  • d. digesek

Soal Isian

1. Ada berbagai jenis upacara adat di Indonesia, Rambu solo termasuk ke dalam upacara ....
2. Membersihkan rumah dapat dilakukan dengan kerja sama seluruh anggota keluarga. Saat membersihkan rumah, pekerjaan biasanya dibagi sesuai dengan ....
3. Iklan yang bertujuan untuk memengaruhi masyarakat agar mau bekerja sama dengan pembuat iklan adalah ....
4. Kata-kata yang menjadi inti pada iklan dan berfungsi mempermudah masyarakat untuk memahami
maksud iklan disebut ....
5. Kerongkongan disebut juga dengan ....
6. Organ yang menyerap air yang terdapat dalam sisa-sisa makanan adalah ....
7. Musyawarah dalam pemilihan ketua RT adalah contoh interaksi sosial di lingkungan ....
8. Berdiskusi kelompok adalah contoh interaksi manusia dengan lingkungan ....
9. Alat musik yang tidak memiliki nada disebut alat musik ....
10. Perhatikan gambar berikut!
contoh prakarya membuat alat musik sederhana

Cici membuat alat musik sederhana dari bahan sekitar.
Musik ritmis yang dibuat Cici seperti pada gambar tersebut menyerupai ....

Soal Essay/Uraian

1. Apa saja perbedaan yang kamu temui saat kerja kelompok? Bagaimana mengatasinya?
2. Perhatikan iklan berikut!
ilustrasi contoh poster persatuan dalam perbedaan

Jelaskan unsur gambar pada iklan tersebut!
3. Apa fungsi larutan asam lambung dalam proses pencernaan?
4. Sebutkan tiga contoh interaksi sosial di lingkungan masyarakat!
5. Minggu depan, Uni, Cici, dan Made akan tampil bernyanyi berkelompok di depan kelas.
Mereka pun berlatih menyanyi bersama-sama. Namun, Uni kesulitan menghafalkan nada dan syair lagu. Apa yang harus dilakukan Cici dan Made agar mereka bisa tampil kompak?


Soal UH Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 1